10 Jenis Copywriting yang Harus Kamu Ketahui



Copywriting merupakan strategi marketing yang saat ini sangat tepat untuk digunakan. Adapun banyak sekali jenis copywriting untuk diimplementasikan oleh perusahaan.


Beberapa jenis copywriting tersebut juga memiliki nilai dan benefitnya sendiri. Yuk kenali copywriting lebih jauh lagi!


Apa Itu Copywriting?


Sebelum mengetahui jenis copywriting, Kamu juga harus mengetahui pengertian strategi penulisan marketing yang satu ini. Copywriting adalah keterampilan yang dapat digunakan untuk mengiklankan produk atau jasa.


Aktivitas ini telah digunakan dalam periklanan selama beberapa tahun kebelakang bahkan dekade. Selain itu, banyak strategi pemasaran memasukkan penggunaan copywriting dalam strategi konten mereka.


Perbedaan Copywriting dengan Content Writing


Copywriting adalah jenis tulisan yang berfokus pada penjualan sebuah brand. Penulisan konten, di sisi lain, copywriting merupakan strategi mengenaimembangun citra di benak konsumen.


Copywriting sedikit mengiklan dan fokusnya pada deskripsi produk. Hal tersebut berbeda dengan Content Writing, Content Writing dapat digunakan untuk semua tujuan, mulai dari iklan hingga deskripsi layanan hingga tutorial atau cara kerja.


Hal tersebut dapat dilakukan di media, agency, televisi,email marketing, dan bahkan melalui saluran media sosial.


Jenis copywriting banyak macamnya kamu bisa menggunakan copywriting untuk website online bisnis atau posting blog, Kamu harus mengetahui perbedaannya satu sama lain agar strategi yang dijalankan efektif.


Penulisan konten adalah jenis copywriting yang bertujuan untuk menceritakan suatu hal di balik suatu produk dan membangun citra di benak konsumen.


Ini dapat dilakukan melalui cerita atau dengan memberikan informasi tentang brand perusahaan. Brand Tone juga harus terdengar seolah-olah brand dapat berbicara, yang membantu membangun hubungan emosional antara brand dan audiens targetnya.


Baca Juga : 10 Alasan Mengapa Bisnis Kamu Perlu Jasa Digital Marketing


Jenis - Jenis Copywriting


Jenis copywriting yang digunakan pastinya memiliki berbagai macam manfaat lainnya. Terutama dalam mengimplementasikan di berbagai macam platform. Untuk mengetahui perbedaan tersebut yuk kenali jenis copywriting yang harus kamu ketahui!


SEO Copywriting

Jenis copywriting yang pertama adalah SEO Copywriting, cara yang satu ini menulis konten untuk website yang dioptimalkan kata kunci (keyword)i untuk membantu kamu menentukan peringkat di SERP Google dan meningkatkan traffic organik pada website. Hal ini bagus untuk meningkatkan strategi marketing terutama digitalisasi.


Mengidentifikasi dan menggunakan keyword yang tepat adalah langkah pertama, dan Tools yang dapat kamu gunakan seperti Google Keyword Planner, Semrush, atau Ahrefs.


Social Media Copywriting

Jenis copywriting yang satu ini merupakan hal yang sulit untuk diartikan atau didefinisikan. Karena sangat banyak platform social media dengan target audience yang berbeda.


Intinya social media copywriting adalah bagaimana caranya perusahaan atau brand memiliki kualitas konten yang sesuai sehingga baik digunakan karena dapat menarik konsumen atau audiens untuk mengetahui isi konten tersebut bahkan membeli produk kamu.


Ad Copywriting

Jenis copywriting lain yang akan kamu temukan adalah Ad Copywriting. Jenis copywriting ini mungkin mengharuskan kamu untuk menulis tagline billboard, deskripsi untuk posting sosial yang dipromosikan, skrip video untuk iklan podcast, Headline untuk Iklan Facebook, dan banyak lagi. Ada begitu banyak jenis iklan yang dapat kamu implementasikan.


Untuk melihat referensi ad copywriting kamu bisa lihat di monday.com.


Product Copywriting

Semua copywriting bersifat promosi, tetapi jenis copywriting ini difokuskan khusus untuk menampilkan produk kamu. Kamu akan membutuhkan product copywriting yang efektif untuk pages di website , fitur, dan deskripsi produk.


Cara terbaik untuk menggunakan product copywriting adalah dengan memperhatikan konsumen kamu. Hal tersebut pastinya bisa kamu dapatkan insight lebih jauh dan banyak lagi karena kamu telah membuat product yang sesuai dengan keinginan mereka.


Technical Copywriting

Technical Copywriting adalah jenis copywriting yang berfokus pada teknik marketing. Ini membantu kamu untuk menulis dengan lebih baik dan memberi kesempatan kepada yang masih belajat untuk menjadi ahli di bidangnya.


Technical Copywriting adalah bagaimana caranya suatu brand menjual produk atau layanan kepada pelanggan dengan menjelaskannya. Copywriter harus memahami produk yang mereka jual, karena tugas mereka adalah meyakinkan pelanggan bahwa produk ini layak dibeli. Technical Copywriting dapat digunakan dengan berbagai cara, tetapi basicnya ada pada periklanan dan penjualan.


Creative Copywriting

Copywriting adalah proses menulis dalam mengupayakan membujuk konsumen untuk melakukan tindakan tertentu. Creative copywriting bertujuan untuk membujuk konsumen tersebut dengan konten yang dibuat semenarik mungkin pastinya.


Email Copywriting

Email Copywriting adalah seni dan ilmu untuk menarik perhatian audiens dengan cara yang menarik dengan menulis subjek email, kalimat pratinjau, kata pengantar untuk teks isi, dan CTA.


Email Copywriting adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan audiens kamu dan meningkatkan penjualan. Marketing campaign ini memerlukan penulisan yang baik, kalimat pratinjau, kata pengantar, dan CTA yang menarik yang akan melibatkan pembaca.


Marketing Copywriting

Ada banyak jenis copywriting, dan marketing adalah salah satu jenisnya. Marketing copywriting mengubah fitur menjadi manfaat yang dapat dengan mudah dipahami oleh audiens. Artikel dan advertorial membantu membangun kepercayaan dengan audiens.


Marketing copywriting adalah jenis konten marketing yang mendidik audiens. Jenis tulisan yang paling fleksibel dapat ditemukan di situs web dan posting blog. Copywriting membantu kamu membangun situs web dengan mengisinya dengan informasi bermanfaat seperti infografis dan listicle.


Websites Copywriting

Website Copywriting adalah keterampilan penting bagi marketer mana pun. Kamu akan memerlukan jenis copywriting ini untuk situs web, yang mencakup homepages, landing pages, dan banyak lagi.


Sebuah studi oleh Missouri University of Science and Technology mengungkapkan bahwa user menghabiskan sekitar 5 detik untuk membaca pada situs web sebelum menavigasi ke bagian berikutnya. Hal tersebut pastinya tidak memakan banyak waktu untuk menarik perhatian pengunjung, berkomunikasi dengan mereka, dan mendorong tindakan.


Itu sebabnya websites copywriting adalah keterampilan yang sangat penting bagi seorang marketer.


Direct Response Copywriting

Jenis copywriting yang terakhir adalah Direct Response Copywriting. Copywriting ini terkenal karena penekanannya pada kedekatan. Jenis copywriting ini mendorong pembaca untuk mengambil tindakan saat mereka selesai membaca teks.


Rasa urgensi yang perlu kamu sampaikan di sini sangat penting.


Kamu dapat membuat salinan yang mendesak dengan merujuk waktu dengan pilihan kata, seperti memasukkan "sekarang" dan "hari ini". Kamu juga dapat menetapkan tenggat waktu, apakah itu tanggal tertentu atau hanya indikasi bahwa penawarannya tidak bagus untuk waktu yang lama.


Baca Juga : Serba - Serbi yang Harus Kamu Ketahui Tentang Digital Marketing


Kesimpulan

Setelah mengetahui jenis copywriting, pastinya kamu akan tahu bagaimana caranya untuk membangun hal tersebut agar lebih baik lagi. Dan cara untuk mengembangkan bisnis dengan copywriting yang sesuai dengan platform yang kamu gunakan.


Maka dari itu, kamu juga bisa untuk menggunakan jasa digital marketing dari First Ad Kit. Kami akan membantumu untuk membuat copywriting yang bermanfaat serta engaging untuk konsumen kamu agar tertarik untuk melihat sekaligus membeli produk kamu!



10 views0 comments