Yuk Intip 5 Tips Facebook Ads yang Harus Kamu Ketahui!




Apa itu Facebook ads? Pastinya social media platform yang satu ini sering terdengar di kuping kamu. Pasalnya facebook ads ini adalah salah satu fitur dari facebook yang dimana kamu dapat beriklan pada social media ini dengan target yang kamu inginkan.


Nah, pastinya dengan kegunaan hal tersebut bisa menjadi salah satu daya tarik serta penjualan bisnis kamu dapat meningkat. Untuk mengetahui serba - serbi mengenai facebook ads. Yuk ketahui lebih lanjut artikel dibawah ini!


Apa Itu Facebook Ads?



Dilansir oleh Statista, Pengguna facebook di Indonesia yang aktif saat ini kisaran 79 Juta penduduk. Hal tersebut pastinya menjadi salah satu keuntungan untuk kamu memperluas atau mengekspansi bisnis dengan data pengguna facebook yang sangat banyak.


Nah maka dari itu untuk memaksimalkan hal tersebut faceebok membuat sebuah fitur yaitu facebook ads. Apa Itu Facebook ads? Facebook ads adalah layanan iklan berbayar yang dimiliki oleh platform Facebook.


Platform ini memang menjadi platform media sosial paling populer dan banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Beberapa dari mereka percaya bahwa menggunakan Iklan Facebook dapat menampilkan iklan kepada audiens berdasarkan demografi, kesukaan, umur dan sebagainya.


Mau tahu lebih lanjut mengenai facebook ads. Yuk kita lihat fitur dari facebook ads itu sendiri.


Baca Juga : Mengenal Apa Itu CRM pada Digital Marketing: Seni Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan


Fitur Iklan di Facebook Ads


Setelah menimbang lebih mengenai apa itu facebook ads, kita langsung membahas ke fitur - fitur apa saja yang dapat membantu kamu dalam menyusun rencana facebook ads. Yuk disimak baik - baik.


Lead Ads

Selain murah dan sangat efektif, Facebook Lead Ads dapat digunakan untuk kebutuhan orang yang ingin mengunjungi situs web kamu. Dengan menggunakan Facebook lead ads, kamu dapat memperoleh informasi kontak dari calon pelanggan yang menggunakan Facebook di perangkat seluler.


Kamu dapat menggunakan iklan ini untuk membuat orang mendaftar ke buletin email kamu, menawarkan promo atau diskon, menjadwalkan meeting, dan banyak lagi.


Video Ads

Video Ads adalah fitur Facebook ads yang luar biasa dan murah. Kamu dapat membayar hanya dengan satu rupiah per penayangan video. Hal tersebut pastinya lebih berkesan daripada kombinasi antara teks dan gambar, Facebook Video Ads memberikan ingatan brand yang amat kuat dan engagement yang tinggi sehingga dapat mendorong konsumen untuk membeli


Cukup unggah video ke pemutar video asli Facebook, sesuaikan deskripsi, gambar mini, budget, dan penargetan, dan lanjutkan.


Wall Post atau Engagement Ads

Setelah mengetahui lebih mengenai apa itu facebook ads, Fitur facebook ads yang satu ini cukup baik untuk kamu kenali. Engagement Ads dapat membantu kamu dalam membuat Halaman Facebook terlihat sangat populer bagi siapa saja yang melihat bisnis kamu.


Facebook hanya akan menampilkan jenis iklan ini kepada orang-orang yang kemungkinan besar akan terlibat dengan postingan kamu yang nantinya akan memberi reaction, comment, atau share.


Remarketing

Remarketing Facebook memungkinkan kamu menjangkau calon konsumen yang telah berinteraksi dengan kamu dengan cara tertentu.


Mungkin mereka mengunjungi situs web kamu (atau halaman tertentu di dalamnya), mengambil tindakan di aplikasi atau atau memberi kamu alamat email atau nomor telepon mereka.


Facebook menandai orang-orang ini melalui cookie web. Remarketing Ads ini dapat menampilkan kepada orang-orang ini saat mereka membuka Beranda Facebook mereka, sehingga mereka akan mengingat kamu, dan mungkin mengonversi salah satu penawaran.


Orang yang mengetahui merek kamu memiliki kemungkinan 2x lebih besar untuk berkonversi dan 3x lebih mungkin untuk terlibat. Hal tersebut pastinya sangat kuat menjadi salah satu keunggulan dari apa itu facebook ads.


Interest Targeting

Facebook Interest membantu kamu menemukan orang-orang yang mungkin tertarik untuk membeli produk atau layanan.


Kamu dapat menjangkau audiens tertentu berdasarkan minat mereka, aktivitas mereka, dan Halaman yang mereka sukai. Kamu juga dapat menggabungkan minat untuk memperluas jangkauan iklan.


Apabila kamu ingin menargetkan orang-orang yang tertarik dengan teknologi, kebugaran dan kesehatan, hiburan, atau bisnis/industri tertentu, fitur iklan Facebook ini akan membantu kamu untuk melakukan hal tersebut.


Demographic Targeting

Kamu dapat menargetkan orang berdasarkan tempat tinggal, usia, jenis kelamin, politik, jabatan, atau peristiwa kehidupan tertentu (misalnya, pertunangan, ulang tahun, dan lain-lain).


Behavioral Targeting

Facebook Behavioral memungkinkan kamu menjangkau orang-orang berdasarkan riwayat pembelian, niat, penggunaan perangkat, dan banyak lagi.


Facebook menggunakan data dari mitra pihak ketiga (third party) untuk mengetahui perilaku tertentu, baik online maupun offline.


Setelah mencocokkan data tersebut dengan ID pengguna, Facebook memungkinkan pengiklan menargetkan segmen audiens berdasarkan ribuan perilaku pembelian yang berbeda.


Misalnya, kamu dapat menargetkan iklan kepada orang-orang yang telah membeli pakaian, kesehatan dan kecantikan, teknologi, atau produk hewan peliharaan.


Jika kamu ingin menargetkan berdasarkan perjalanan, kamu dapat memilih opsi seperti Traveller yang sering bepergian, Traveller internasional, kapal pesiar, atau apakah seseorang telah menggunakan aplikasi perjalanan dalam sebulan terakhir.


Facebook Pixel

Facebook Pixel dapat melacak tindakan yang terjadi di situs web kamu sebagai akibat dari iklan berbayar (serta posting organik). Yang harus kamu lakukan adalah menambahkan beberapa kode ke halaman mana pun yang ingin kamu lacak.


Tindakan mencakup hal-hal seperti menambahkan item ke keranjang, melihat konten, melakukan pembelian, dan menyelesaikan pendaftaran.


Facebook Pixel akan membantu kamu dalam mengukur konversi, mengoptimalkan iklan dan penargetan, dan mendapatkan wawasan tentang pengguna Facebook yang mengunjungi situs web.


Website Conversions Campaign

Apa itu facebook ads sudah banyak menggambarkan bahwasannya facebook ini memiliki daya tarik tersendiri. Kamu ingin menggunakan campaign bila tujuan iklan kamu adalah membuat orang melakukan sesuatu yang spesifik di situs web atau aplikasi seluler kamu.


Kamu menentukan tindakan tersebut, apakah itu menyelesaikan pembelian, menambahkan sesuatu ke keranjang, atau Page Views.


Carousel Ads


Iklan Carousel memungkinkan kamu menampilkan beberapa gambar atau video (hingga 10) dalam unit iklan yang sama. Setiap gambar atau video dapat ditautkan ke halaman berbeda di situs web.


Wah banyak juga ya. Fitur facebook ads yang dapat kamu pilih, Nah setelah mengetahui apa itu facebook ads juga yuk kenali keunggulan facebook ads yang harus kamu ketahui di bawah ini!


Keunggulan Facebook Ads



Apa itu facebook ads sudah terjawab dimana platform yang satu ini dapat kamu maksimalkan dengan baik untuk melakukan iklan di platform besar social media didunia ini. Nah berikut ini kita akan bahas keunggulan facebook ads yang harus kamu tahu!


Salah Satu Platform Social Media Terbesar di Dunia

Menurut Kata Data, Indonesia saat ini menempati urutan ketiga dengan penduduk terbanyak yang menggunakan facebook. Pada januari silam atau kuartal yang pertama pengguna facebook di Indonesia dari 95 Juta naik hingga 125 Juta.


Hal tersebut pastinya menjadi salah satu keunggulan yang didapatkan oleh facebook karena memiliki pengguna yang cukup banyak dan terbesar di dunia.


Target yang Dipilih Bisa Lebih Spesifik

Para Digital Marketer juga dapat memilih dari berbagai "goals periklanan" yang sesuai dengan tujuan bisnis mereka.


Hal tersebut sangat bagus untuk bisnis yang ingin memprioritaskan hasil berbeda untuk iklan mereka. Misalnya iklan dapat dirancang untuk mendorong lebih banyak: interaksi/engagement posting, lebih banyak website trafik situs, leads, conversion, dll.


Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Ini adalah alasan lain mengapa beriklan di Facebook bermanfaat. Karena bisnis akan menjangkau lebih banyak orang daripada hanya dengan pemasaran media sosial organik mereka. Dan mereka akan dapat memperluas jangkauan konten yang ada baik di dalam maupun di luar platform.


Iklan berbayar dan iklan organik tidak eksklusif, Kamu dapat melakukan keduanya! Dan dengan jenis iklan yang dirancang khusus untuk keterlibatan, pendaftaran, atau pengikut, iklan berbayar sebenarnya dapat meningkatkan lalu lintas organik Anda juga.


Dan mereka akan melakukannya lebih cepat salah satu manfaat utama iklan Facebook. Iklan berbayar mendapatkan engagement yang lebih baik, Reach yang jauh lebih besar, dan lebih banyak konversi. Ini berarti konten kamu mendapat lebih banyak views.


Memiliki Return on Ad Spend (ROAS) Ritel Tertinggi

Pengertian apa itu facebook ads dirasa sudah kamu ketahui bahwasannya social media yang satu ini sangat baik untuk melakukan iklan.


Laporan KPI 2020 Wolfgang Digital mengklaim bahwa iklan umpan pengguna Facebook adalah satu-satunya jenis iklan dengan kinerja terbaik untuk eCommerce.


Faktanya, Facebook mendominasi dengan jenis iklan Feed Facebook, Messenger, dan Marketplace yang semuanya menempati posisi teratas.


Menurut Statista, 41% Digital Marketer yang disurvei mengklaim bahwa Facebook memberi mereka Return on Ad Spend (ROAS) terbaik, menempatkannya di posisi teratas situs media sosial paling populer untuk pemasaran.


Memberikan Hasil yang Cepat

Facebook ads idealnya untuk brand yang ingin menjalankan strategi pemasaran digital jangka pendek dan jangka panjang karena mereka dapat mulai memberikan pendapatan/konversi segera setelah ditayangkan. Karena facebook ads memberikan hasil dengan cepat dan tepat.


Setelah campaign iklan disiapkan di Pengelola Iklan, ditinjau oleh Facebook, dan setelah ditayangkan, campaign tersebut segera bekerja dan mulai menampilkan brand/produk kamu kepada ribuan orang yang berpotensi secara instan.


Iklan biasanya disetujui dalam waktu 24 jam, jadi manfaat iklan Facebook datang dari memberi bisnis cara untuk mulai mendapatkan penjualan dalam beberapa hari.



Baca Juga : Mengintip Tren Digital Marketing pada Tahun 2022!


5 Tips Beriklan di Facebook Ads Terbaik



Setelah menerawang lebih jauh apa itu facebook ads serta yang penjelasan yang lainnya. Kita harus ketahui banyak macam penggunaan facebook ads itu sendiri.


Nah berikut ini ada beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai tips untuk membuat Facebook ads agar menarik perhatian konsumen.


Buat Campaign Atau Content yang Menarik

Sebelum membentuk facebook ads itu sendiri. Ada beberapa hal yang harus kamu buat diantaranya adalah campaign.


Campaign ini pada dasarnya sangat fundamental agar konsumen kamu mengerti apa konten dan tujuan dari brand atau merek itu sendiri. Hal ini sangat penting untuk mengoptimalkan facebook ads.


Dengan kamu memiliki campaign yang menarik perhatian konsumen. Pastinya content atau campaign kamu akan selalu dilirik oleh mereka.


Ketahui Perilaku Konsumen

Salah satu hal yang harus kamu ketahui untuk membuat iklan facebook ads yang menarik adalah kamu harus mengetahui perilaku konsumen.


Mulai dari kesukaan mereka, kemudian jam berapa mereka menggunakan social media, konten yang seperti apa yang menarik perhatian mereka, Hingga apa yang ingin mereka inginkan dan butuhkan.


Hal tersebut pastinya sangat membantu untuk kamu dalam membuat iklan facebook ads.


Targetkan Konsumen dengan Benar

Pada fitur facebook ads manager kamu bisa mengetahui lokasi, waktu, demografi, umur dari konsumen kamu.


Hal tersebut bisa menjadi salah satu keunggulan yang dapat kamu manfaatkan agar pembuatan iklan kamu maksimal.


Sehingga kamu dapat menyesuaikan hal tersebut untuk menjadi salah satu parameter yang sangat baik untuk kamu gunakan. Targetkan konsumen sesuai profil social media kamu!


Gunakan Look A Like Audience

Dalam kebanyakan kasus, sekitar 70% anggaran iklan kamu kemungkinan besar akan dialokasikan untuk acquisition campaign, jadi sasaran kamu pastilah untuk memaksimalkan ROAS sebanyak mungkin.


Jadi, alih-alih mencoba mengakali algoritma Facebook dengan menyuruhnya membelanjakan berapa banyak untuk konsumen mana dengan menetapkan anggaran di tingkat Ad Set, Disarankan untuk menetapkan anggaran kamu di tingkat campaign untuk Acquisition Campaign.


Biarkan algoritma Facebook memutuskan audiens mana yang dapat memberi hasil terbaik. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mencoba untuk tidak membuat lebih dari 3 konsumen (set iklan) untuk satu kampanye, karena ini dapat menyebabkan fragmentasi anggaran, dan lebih buruk lagi jika anggaran harian kamu terlalu kecil.


Namun, pengaturan anggaran kamu pada tingkat set iklan disarankan jika tujuanmu adalah untuk menguji audiens mana yang dapat memberi hasil terbaik di Retention atau Penargetan Ulang. Melakukannya memungkinkan kamu membuat Pengujian A/B untuk set iklan guna bereksperimen dengan audiens mana yang mungkin berkinerja lebih baik.


Optimalkan Copywriting yang Kamu Buat

Facebook ads yang dibuat harus memiliki copywriting yang engaging. Dimana copywriting yang kamu buat harus :

  • Headlinenya menarik

  • Isinya jelas

  • CTA (Call To Action) to the point

Pastinya dengan hal tersebut dapat menjadi salah satu indikator tips facebook ads yang relevan.


Kesimpulan

Apa itu facebook ads adalah salah satu gambaran digital marketing yang dapat kamu implementasikan saat ini. Facebook ads ini sangat luas dan tidak akan pernah habisnya karena mereka setiap tahun bertambah secara cepat dan luas.


First Ad Kit adalah salah satu digital marketing agency bandung yang dapat menjadi salah satu referensi serta solusi untuk kamu dalam melakukan branding serta menerapkan periklanan digital di platform social media.


Tidak hanya melakukan jasa periklanan saja. Kita juga menawarkan beberapa jasa seperti seo serta kelas periklanan digital untuk kamu yang ingin belajar digital ads.


3 views0 comments