top of page

Serba - Serbi yang Harus Kamu Ketahui Tentang Digital Marketing



Digital marketing adalah salah satu strategi pemasaran melalui media online. Pastinya hal tersebut sangat berdampak pada perilaku konsumen saat ini yang cenderung mencari informasi melalui internet atau platform digital yang lain.


Salah satu keunggulan digital marketing saat ini sangat beraneka ragam dan pastinya dengan adanya platform digital marketing itu sendiri dapat menjadi salah satu jembatan konsumen dengan brand.


Digital marketing adalah serangkaian hal yang bisa kamu gunakan untuk menjangkau konsumen lebih banyak secara luas. Dengan adanya digital marketing brand juga dapat mengembangkan bisnisnya dengan baik.


Oleh karena itu, First Ad Kit Blog kali ini akan membahas seputar digital marketing mulai dari pengertian, kelebihan, jenis, cara membuat, dan masih banyak lagi!


Pengertian Digital Marketing



Dilansir oleh hubspot, Digital marketing, dapat disebut juga pemasaran online, adalah mengacu pada semua upaya pemasaran yang terjadi di internet.


Bisnis memanfaatkan saluran digital seperti mesin pencari (search engine), media sosial, email, dan situs web lain untuk terhubung dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan. Ini juga termasuk komunikasi melalui pesan teks atau multimedia.


Jadi untuk saat ini digital marketing adalah salah satu strategi marketing yang sangat vital guna untuk mengembangkan serta baik untuk melakukan ekspansi karena cakupan dari digital marketing itu sendiri cukup luas.


Dan itulah pengertian digital marketing, menurut kamu bagaimana?



Kelebihan Digital Marketing


Setelah mengetahui pengertian dari digital marketing itu sendiri. Pastinya kamu harus mengetahui kenapa saat ini para brand bahkan perusahaan berbondong - bondong untuk menggunakan digital marketing sebagai salah satu strategi marketing mereka.


Nah pada kesempatan kali ini yuk kita bahas mengenai kelebihan apa yang dapat ditawarkan pada saat kamu mengimplementasikan digital marketing.


Menjangkau Audiens di Seluruh Dunia

Digital marketing adalah platform yang sangat luas. Strategi yang satu ini bisa mencakup beberapa aspek seperti social media, search engine, e-mail marketing, content marketing dan sebagainya.


Pastinya dengan menggunakan channel dari seluruh platform digital marketing. Kamu dapat menjangkau audiens di seluruh dunia. Karena memang digital marketing ini dapat mencakup dan sangat luas.


Kamu dapat mengetahui dan melakukan targeting untuk konsumen yang seperti apa segmentasinya mulai dari segi umur, geografi, kesukaan, gender, perilaku dan sebagainya.


Biaya Lebih Murah

Salah satu keunggulan digital marketing adalah biayanya lebih murah dibandingkan marketing konvensional. Biaya dari penyaluran digital marketing juga lebih terukur dan dapat digunakan sebagai pelaporan.


Hal tersebut dapat memangkas biaya yang tidak diperlukan untuk penggunaan strategi digital marketing yang lain. Untuk skala bisnis menengah dan atas juga pastinya sudah mendapatkan anggaran digital marketing dengan ketentuan yang mereka inginkan juga.


Mudah Digunakan

Memang strategi yang satu ini membutuhkan talenta yang mengerti dan ahli dalam bidangnya. Namun, dalam skala fleksibilitas dan skalabilitas. Digital marketing adalah platform yang mudah digunakan.


Tidak hanya mudah digunakan, akan tetapi kamu juga lebih efisien dalam penggunaannya. Karena digital marketing tools itu sendiri biasanya sudah menawarkan hasilnya dan kamu dapat melakukan interpretasi dengan sendirinya.


Hasil yang Lebih Transparan

Penggunaan digital marketing untuk berbisnis adalah salah satu keunggulan terbaik yang akan kamu dapatkan. Karena dengan penggunaan tersebut pengukuran atau hasil dari marketing kamu jauh lebih transparan serta tepat dalam melakukan pengukuran.


Sehingga, hal tersebut bisa menjadi salah satu strategi dimana kamu bisa melakukan A/B Testing dan pengujian atau eksperimen yang lainnya.


Tepat dengan Target yang Dituju

Hal yang pasti dan terukur sudah diketahui bahwasannya digital marketing tersebut memiliki nilai guna yang sangat baik.


Namun, digital marketing adalah salah satu channel marketing yang memiliki implementasi yang sangat tinggi untuk kamu gunakan.

Karena, digital marketing itu memiliki parameter atau perhitungan tersendiri agar kamu tidak kesulitan untuk menggunakan hal tersebut.


Begitulah keunggulan digital marketing yang dapat kamu ketahui. Pastinya dengan adanya channel yang satu ini dapat membantu kamu dalam melakukan strategi marketing online guna membantu bisnis kamu agar lebih berkembang lagi.


Jenis - Jenis Digital Marketing



Dilansir oleh Rock Content, Digital Marketing adalah cara sukses untuk mencapai hasil yang berarti dalam bisnis. Tetapi untuk sampai ke sana, kita perlu memahami tentang apa strategi ini, cara kerjanya, dan jenis Pemasaran Digital yang dapat digunakan.


Digital marketing memiliki beberapa channel yang dapat kamu gunakan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa jenis digital marketing yang biasanya digunakan oleh perusahaan dan brand. Berikut ulasannya!


Content Marketing

Jenis digital marketing yang pertama adalah content marketing. Konten adalah salah satu senjata untuk penggunaan digital marketing. Tanpa adanya konten tujuan digital marketing tidak akan jelas.

Hal yang harus kamu ketahui bahwa content marketing ini melibatkan beberapa aspek seperti pembuatan desain, tulisan di artikel, caption, dan sebagainya.


Content marketing adalah hal yang paling fundamental untuk dijadikan salah satu jenis digital marketing yang harus diimplementasikan dengan baik.


Social Media Marketing

Para perusahaan dan brand berbondong-bondong untuk memiliki social media yang bagus dan pastinya menarik perhatian konsumen untuk membeli produk atau jasa mereka.


Social Media Marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang vital. Karena citra dari perusahaan dan brand tersebut dilihat dari social media dan website untuk saat ini.


Social media yang baik pastinya memberikan konten seperti tips and trik, informasi produk, promo, edukasi, dan masih banyak lagi.


Search Engine Optimization (SEO)

Sebagai pebisnis pastinya ingin memiliki strategi marketing untuk jangka panjang. Hal tersebut bisa kamu gunakan Search Engine Optimization dimana SEO ini bisa menjadi strategi digital marketing yang baik untuk kamu terapkan.


Meskipun cukup lama untuk melakukan proses digital marketing melalui SEO. Namun, untuk skala jangka panjang SEO ini dapat menjadi salah satu strategi yang baik untuk jangka panjang karena SEO bekerja secara organik.


Pay Per Click Advertising

Digital marketing adalah salah satu platform dimana kamu dapat melakukan iklan dengan cara berbayar. Kamu bisa melakukan pembayaran lewat beberapa channel seperti social media, google, bahkan platform e-commerce.


Hal tersebut pastinya sangat instant dan cepat. Namun, kamu pastinya bisa menemukan ROI yang tepat pada saat melakukan digital marketing advertising ini. Karena transparan serta bentuk dari strategi ini sangat terukur.


Email Marketing

Memiliki database yang banyak bukan berarti hal tersebut tidak dapat diolah dengan baik. Digital marketing adalah salah satu senjata utama yang dapat kamu gunakan dengan baik untuk mengolah data.


Lewat E-marketing ini kamu bisa menggunakan database tersebut untuk mempengaruhi konsumen dengan menawarkan promo, informasi produk, dan diskon.


Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah jenis pemasaran berbasis kinerja di mana para pebisnis memberi penghargaan kepada satu atau lebih afiliasi untuk setiap pengunjung atau pelanggan yang dibawa oleh upaya pemasaran afiliasi itu sendiri.


Hal ini sangat baik untuk mendorong konsumen dari pihak orang ketiga dimana digital marketing tidak hanya terdapat dari social media dan website saja. Melainkan peranan dari pihak ketiga sangat berarti untuk perkembangan bisnis kamu.


Dan itulah jenis digital marketing yang harus kamu ketahui. Sebenarnya, jenis digital marketing sangat banyak sekali variannya. Karena digital marketing adalah sarana marketing yang sangat luas kita rangkum menjadi enam saja yang selalu digunakan oleh beberapa brand dan perusahaan.


Bagaimana Cara Membuat Strategi Digital Marketing



Strategi digital marketing adalah rencana yang membantu bisnis kamu mencapai tujuan tertentu melalui saluran pemasaran yang dipilih dengan cermat seperti paid media, earned media, dan owned media.


Nah pada kesempatan kali ini, Kita akan membahas bagaimana cara membuat strategi digital marketing yang baik. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya!


Buat Persona Konsumen

Hal pertama yang harus kamu gunakan adalah membuat persona audiens brand atau perusahaan kamu.


Dimana hal ini sangat penting agar kamu mengetahui konten apa yang menarik untuk audiens kamu dan bagaimana cara menyampaikan konten tersebut agar audiens dapat mengetahui produk atau jasa dari perusahaan atau brand yang kamu buat.


Persona konsumen meliputi gender, hobi, ketertarikan, umur, demografi, pekerjaan, dan masih banyak lagi.


Identifikasi Goals dan Tools

Digital marketing adalah bagaimana caranya pebisnis dapat membuat konten yang menarik agar konsumen tertarik. Tujuan dari digital marketing sangatlah bervariasi ada yang ingin melakukan awareness, ataupun consideration, pembelian dan bahkan pasca pembelian.


Nah diharapkan untuk kamu membuat identifikasi goals apa yang ingin dicapai. Kemudian untuk memperkuat goals tersebut kamu harus memerlukan tools untuk menunjang pekerjaan digital marketing itu sendiri.


Pilih Channel yang Ingin Digunakan

Untuk menerapkan digital marketing pastinya membutuhkan saluran atau media yang akan dipilih. Agar kamu lebih fokus dan tajam dari segi strategi digital marketing. Pilihlah media yang menurut kamu mendapatkan insight paling banyak serta berpotensi untuk mengundang banyak audiens.


Gunakan Budget dengan Baik

Mengoptimalkan budget adalah salah satu strategi digital marketing yang sangat fundamental. Untuk melihat lebih jauh serta potensi yang ada kamu harus memaksimalkan budget untuk digital marketing.


Jadi optimalkan budget kamu untuk periklanan digital marketing ataupun yang lain dan pastikan budget kamu ada dan tidak kurang. Hal tersebut sangat vital karena budget juga ada batasannya. Kamu harus lebih tekun dan terarah dalam penggunaan budget.


Implementasikan Konten yang Telah Dibuat

Setelah menentukan pilihan penggunaan media dan budget yang ada hal yang harus kamu gunakan adalah pembuatan konten yang maksimal.


Kamu bisa menerapkan copywriting yang bagus sesuai dengan brand kamu itu sendiri. Maksimalkan storytelling agar lebih maksimal serta ngena di konsumen.


Evaluasi Strategy Digital Marketing

Setelah mengimplementasikan konten yang telah ada melakukan ads serta budget yang telah disesuaikan. Hal yang utama dan dapat kamu maksimalkan dalam strategi digital marketing adalah mengevaluasi hal tersebut.


Evaluasi strategy digital marketing adalah hal yang sangat baik untuk membantu kamu meminimalisir kesalahan yang telah dibuat.



Courses Online Digital Marketing di Indonesia



Talenta digital marketing saat ini banyak sekali dan pastinya membuat banyak perusahaan atau brand merekrut talenta digital marketing. Hal ini pastinya menjadi tantangan tersendiri untuk para educational technology untuk mencetak para digital marketer profesional.


Berikut ini ada enam jenis digital marketing bootcamp yang dapat kamu ikuti untuk menjadi digital marketing profesional!


Revou

Saat ini revou adalah salah satu educational technology yang menyediakan bootcamp digital marketing dengan kelas praktek terbaik di Indonesia. Mereka menyediakan beberapa kelas program khusus untuk menggali potensi siswa mereka agar lebih siap di dunia kerja digital marketing.


Kelas ini berlangsung secara online untuk harga sendiri. Bootcamp digital marketing revou dibanderol seharga Rp 10.000.000, - Rp 16.000.000,00 dengan berbagai program khusus yang akan berlangsung selama 3 sampai 6 bulan.


Purwadhika

Purwadhika menjadi salah satu educational technology yang sudah berdiri sejak 1987. Cukup mengesankan dan terkesan sangat eksklusif menawarkan kelas digital marketing yang sudah sedari dulu.


Di bootcamp digital marketing purwadhika kamu bisa memilih beberapa kelas seperti kelas offline, online dan video learning. Hal ini pastinya sangat baik untuk kebutuhan kamu dan menyesuaikan hal tersebut,


Dari segi harga pun menjadi banyak pertimbangan langsung karena dengan Rp 40.000.000 (untuk yang kelas offline) kamu bisa disalurkan langsung ke banyak perusahaan besar seperti gojek, grab, shopee dan sebagainya.


Dibimbing.id

Salah satu educational tech dengan berbagai macam kelas yang affordable. Dibimbing mengajarkan kita untuk belajar secara profesional.


Bootcamp yang satu ini bisa kamu ikuti karena dibimbing langsung oleh praktisi digital marketing dari luar negeri dan dalam negeri.


Harga dari bootcamp ini pun cukup terjangkau kisaran Rp 6.000.000 kamu mendapatkan teori, praktek, bahkan skill yang jarang sekali kamu dapatkan di bootcamp lain.


Rakamin

Digital marketing adalah sarana tempat belajar yang bagus untuk kamu yang ingin membuat bisnis sendiri maupun switch karir. Hal tersebut bisa kamu dapatkan di rakamin selaku educational technology yang memiliki banyak cara agar siswa lebih kreatif.


Pada bootcamp tersebut kamu tidak hanya mendapatkan teori dan praktik saja dari praktisi digital marketing. Kamu juga akan diberi studi kasus yang serupa pada industri yang saat ini sedang terjadi.


Harga dari bootcamp ini dibanderol seharga Rp 7.500.000 dan pastinya kamu mendapatkan hal yang unik di bootcamp ini.


Harisenin.com

Harisenin.com adalah salah satu educational technology yang memiliki banyak program khusus termasuk digital marketing. Kelas online yang satu ini menawarkan bootcamp digital marketing yang affordable seperti dari segi kualitas dan harganya yang affordable dibandingkan dengan bootcamp digital marketing yang lain.


Karena digital marketing adalah salah satu tempat belajar kamu lebih baik lagi dibandingkan dengan yang lainnya.


First Ad Kit

First Ad Kit menjadi wadah untuk kamu yang ingin mengetahui google ads beserta tools google yang lainnya. Kamu bisa mengikuti kelas ini dengan harga Rp 50,000 saja untuk mengikuti kelas periklanan yang sudah komplit dengan kebutuhan periklanan google saat ini.


Kesimpulan

Digital marketing adalah salah satu jembatan kamu dimana konsumen yang saat ini sering mencari informasi guna mengetahui hal tersebut. Digital marketing adalah bagaimana caranya kamu dan konsumen dapat berinteraksi melalui platform digital untuk memenuhi kebutuhan konsumen itu sendiri.


Jadi digital marketing ini sangatlah vital untuk saat ini bahkan para perusahaan dan brand yang tidak memiliki platform dan channel digital harap berwaspada karena akan tertinggal dari kompetitornya.


First Ad Kit menjadi salah satu solusi untuk para pelaku bisnis dan perusahaan yang ingin mengoptimalkan campaign marketing yang mereka buat ke berbagai platform. Karena digital marketing adalah salah satu bentuk improvisasi agar konsumen dapat menerima hal tersebut dengan layak dan benar.


29 views0 comments
bottom of page