Mengintip Tren Digital Marketing pada Tahun 2022!

Seperti yang kita semua tahu, perubahan yang berlangsung di dunia maya begitu cepat dan dinamis. Nah, untuk memaksimalkan pemasaran digital, kamu harus tetap relevan dalam menyiapkan strategi marketing yang akan dijalankan. Dari observasi dari First Ad Team terhadap pola perilaku warga internet, ini dia rangkuman tren yang berlangsung di tahun 2022 ini!

  1. Metaverse semakin dekat Semenjak Facebook secara resmi mengubah namanya menjadi Meta, Mark Zuckerberg dengan antusias menyampaikan bahwa ia tengah membangun bentuk ‘masa depan dari internet’. Hal ini akan hadir dalam bentuk realitas virtual dunia maya yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata. Kehadiran Metaverse akan membuat pengalaman realitas virtual menjadi bagian dari keseharian masyarakat. Begitu juga dengan tren di dunia digital marketing. Menurut First Ad Team sih, kamu sebaiknya mulai mencari peluang dan strategi untuk pemasaran digital dalam bentuk virtual-reality.

  2. Mobile-Friendly adalah kunci Hampir semua orang mengakses keperluan mereka melalui smartphone. Dari mulai anak sekolah, mahasiswa, orang kantoran, bahkan pengangguran. Sayangnya, masih banyak website yang tidak memberikan pengalaman penuh yang optimal dalam bentuk mobile. Ditambah, seiring google merilis Core Web Vitals kecepatan proses untuk akses website menjadi semakin penting. Jadi pastiin website bisnis kamu harus mobile-friendly dan cepat untuk di akses ya!

  3. Influencer marketing semakin berkembang Bekerja sama dengan influencer untuk pemasaran masih relevan banget nih ternyata. Justru semakin berkembang, seiring semakin banyak piliihan influencer yang dapat kita tentukan sesuai dengan target pasar. Selain karna biayanya yang dapat menyesuaikan kebutuhan, target audiens dapat di raih dengan spesifik dan dengan pendekatan yang lebih efektif dan terasa organik.

  4. Tantangan baru: Kebijakan Privasi Pengguna internet lama-lama bosan dengan disodorkannya iklan kepada mereka di berbagai platform. Dari pihak pengembang, berbagai hal dilakukan untuk menawarkan solusi. Misalnya seperti update terbaru pada iOS yang memungkinkan penggunanya memblokir cookies sesuai preferensi penggunanya, sehingga iklan tidak akan muncul. Nah loh? Sebel kan susah-susah ngeboost iklan taunya diblokir sama warganet? Nah makanya kamu harus mengembangkan strategi marketing. Tingkatkan kualitas konten biar gak membosankan dan menarik perhatian bagi audiens secara sukarela.

  5. LinkedIn semakin mencuri perhatian! Dari waktu ke waktu, pengguna aktif LinkedIn terus menerus bertambah. Begitu pula dengan fitur-fitur baru yang diluncurkan. Selain bermanfaat untuk membangun personal branding, platform ini sangat berguna untuk membangan brand image perusahaan dan memperluas jaringan dan kepercayaan dengan stakeholder.

  6. Facebook (Meta) tidak goyah Meskipun seringkali diberitakan banyak pengguna meninggalkan facebook. Faktanya Facebook sama sekali tidak goyah. Kini Facebook memiliki 3 milliar pengguna dan terus menerus bertambah setiap bulannya. Jadi pemasaran digital di platform Facebook merupakan strategi yang masih harus kamu kembangkan.


Nah, demikian tren digital marketing di tahun 2022 yang harus kamu perhatikan. Bagaimana kamu menyiapkan strategi pemasaran untuk tahun ini?


Untuk kamu yang mau mengoptimalkan strategi marketing kamu di dunia digital, First Ad Kit siap menjadi pertolongan pertama untuk kamu!


2 views0 comments