Simak! Pengertian Tiktok Ads dan Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan!


Dilansir oleh Hootsuite, TikTok Ads dapat membantu brand dan perusahaan menjangkau audience yang lebih luas dan mudah. TikTok Ads adalah salah satu paid marketing yang tidak boleh kamu lewatkan, Karena peranannya cukup besar untuk membantu bisnis kamu lebih berkembang.


TikTok Ads adalah salah satu strategy digital marketing yang saat ini bisa kamu gunakan dalam short term dan memaksimalkan bisnis kamu lebih baik. Untuk mengetahui lebih lanjut yuk intip TikTok Ads lebih jauh lagi.


Tiktok Ads Adalah

TikTok merupakan salah satu platform yang saat ini digemari oleh banyak orang, Dilansir Awario sekitar lima ratus juta orang di Dunia menggunakan platform yang satu ini. Jadi pastinya sangat menguntungkan untuk menggunakan TikTok sebagai media ads atau beriklan.


TikTok Ads adalah platform monetisasi aplikasi yang memungkinkan pengiklan/advertiser untuk mempromosikan merek atau produk mereka melalui iklan video yang menarik.


Hal ini memungkinkan pengiklan/advertiser untuk membuat konten yang terbaik dengan durasi video pendek. Video pastinya memiliki karakter umum dan tema, dengan setiap video dalam seri menambahkan informasi baru ke cerita.


Ini adalah cara yang bagus bagi pengiklan untuk menarik audiens target mereka dengan konten yang lebih menarik dan menarik daripada pesan iklan biasa. Platform ini unik karena menawarkan pengiklan cara baru dan menarik untuk menyampaikan pesan mereka.


Jenis Tiktok Ads

TikTok Ads adalah salah satu platform yang bisa kamu gunakan dengan membuat konten video yang unik. TikTok Ads sendiri menawarkan beberapa jenis konten yang dapat diimplementasikan dengan baik.


Pada kesempatan kali ini First Ad Kit Blog, akan membahas jenis TikTok Ads yang dapat kamu ketahui!


Brand Takeover

Brand Takeover adalah Jenis TikTok ads yang memunculkan brand atau merek dalam format still image, GIF, atau video, semuanya dapat ditautkan ke landing page atau tantangan tagar di dalam aplikasi.


Brand Takeover ini biasanya bersifat eksklusif untuk kategorinya, jadi hanya satu merek yang dapat muncul per hari di slot tersebut. TikTok Ads yang satu ini adalah dapat memunculkan produk atau brand yang telah dicari oleh user sebelumnya.


InFeed Video

Ingin menggunakan TikTok ads dengan harga yang terjangkau? Infeed adalah salah satu iklan yang dapat kamu gunakan. Jenis iklan TikTok yang satu ini bisa dimanfaatkan oleh perusahaan dengan baik. Biasanya InFeed Video ini akan terpampang di bawah konten TikTok yang telah dibuat.


Hashtag Challenge

Iklan TikTok Ads selanjutnya adalah Hashtag Challenge, Iklan yang satu ini biasanya disajikan agar user dan konsumen membantu campaign mereka sehingga tinggal langsung dieksekusi saja.


Iklan Hashtag Challenge ini biasanya muncul di discovery pada saat kamu ingin mencari informasi atau konten yang diinginkan.


TopView Ads

TopView Ads dapat menarik perhatian pengguna dengan muncul di bagian atas feed For You Page saat pertama kali kamu membuka TikTok.


Dalam format ini, video dapat berdurasi hingga 60 detik, menawarkan pengalaman menonton yang imersif tanpa konten pesaing lainnya.


Spark Ads

Spark Ads adalah iklan yang menggabungkan format konten yang telah digunakan berdasarkan reach atau engagement.


Jadi, dengan Spark Ads kamu bisa menggunakan konten organik untuk dilakukan Ads atau optimalkan ads, hal ini pastinya sangat baik untuk perusahaan atau brand.


Baca Juga : 10 Alasan Mengapa Bisnis Kamu Perlu Jasa Digital Marketing


Kenapa Harus Menggunakan Tiktok Ads

TikTok Ads adalah salah satu strategi marketing yang harus dilakukan oleh perusahaan dan brand saat ini. Karena dengan adanya platform yang satu ini konten yang disajikan lebih engaging dan ngena di audience atau konsumen.


Banyak sekali dari perusahaan yang masih menilai menggunakan TikTok Ads ini sangat anak muda sekali. Karena isi kontennya yang bervariatif, namun dengan memanfaatkannya dengan baik TikTok Ads adalah solusi untuk brand dan perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya dengan baik.


Cara Menggunakan Tiktok Ads

TikTok Ads adalah salah satu fitur TikTok yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnis dengan baik. Kamu dengan hanya membayar serta membuat konten pastinya bisa memanfaatkan platform yang satu ini menjadi lebih baik lagi.


Namun, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui pada saat menggunakan TikTok ads. Simak cara penggunaan TikTok ads yang dapat kamu terapkan dengan baik.


Pilih Objective Terlebih Dahulu

Sebelum membuat TikTok Ads langkah awal yang bisa kamu gunakan adalah membuat akun tiktok ads itu sendiri dan menentukan objective yang diinginkan.


Objective yang tersedia di TikTok Ads ada 3 (tiga) : Awareness, Consideration, Conversion. Namun. Pastinya kamu harus menyesuaikan objective yang ingin dilakukan.


Awareness tujuan iklannya adalah agar konsumen atau user mengenali brand kamu, Consideration lebih mengarah pertimbangan kepada konsumen agar mendapatkan informasi yang mereka mau, dan terakhir adalah Conversion objective yang dapat dipilih untuk melakukan transaksi atau pembelian.


Buat Campaign Plan dan Set Budget Tiktok Ads

Maksimalkan dan buat rencana campaign terbaik untuk perusahaan dan brand kamu. Atur juga budget yang diinginkan ketika ingin melakukan TikTok Ads.


Pastikan, kamu membuat campaign yang relevan dan sesuai dengan perusahaan dan market sekarang. Hal ini bisa menjadikan salah satu strategi TikTok Ads yang baik!


Bagi Campaign Menjadi AdSet

Setelah membuat campaign TikTok Ads, kamu juga harus membuat beberapa AdSet dengan beberapa pertimbangan. Seperti konten dan target yang berbeda. Hal ini untuk melakukan A/B Testing dimana kamu akan bisa mengetahui konten mana yang paling berdampak.


Target Audience

Mengetahui target audience dari rentang umur, lokasi, pekerjaan, dan hobi atau kesukaan adalah hal yang harus diperhatikan untuk membuat TikTok Ads.


TikTok Ads adalah salah satu platform yang mudah terintegrasi karena memiliki tools analytics sendiri. Hal ini memudahkan kamu untuk mengetahui audience akun brand atau perusahaan kamu.


Buat Konten Atau Asset Tiktok Ads

Setelah menimbang dan membuat campaign dengan objective yang diinginkan. Hal yang tidak kalah penting dalam membuat TikTok Ads adalah membuat konten dan asetnya itu sendiri.


Kamu bisa menggunakan copywriting yang baik dan engaging dengan durasi video kurang lebih 15-30 detik. Gunakan juga CTA (Call To Action) agar user tertarik untuk mengikuti konten atau produk kamu,


Baca Juga : Serba - Serbi yang Harus Kamu Ketahui Tentang Digital Marketing


Tips Tiktok Ads

Tiktok Ads adalah salah satu hal yang dapat diimplementasikan dengan baik. Keberadaan platform yang satu ini membuat banyak penggunanya lebih produktif lagi dalam mengembangkan produk dan konten yang dibuat.


Maka dari itu, pembahasan ini mengenai Tips TikTok Ads yang harus kamu ketahui!


Buat Konten yang Relevan

Setengah pengguna TikTok saat ini berusia di bawah 34 tahun. TikTok mungkin bukan platform untuk membuat iklan yang elegan. Namun, kamu juga harus membuat konten yang sesuai dengan target market perusahaan dan brand kamu sendiri.


Mulai dari rentang umur, lokasi, kesukaan atau hobby, pekerjaan, dan sebagainya. Pembuatan konten yang maksimal adalah salah satu Tips TikTok Ads.


Kolaborasi dengan Influencer

Tidak dapat dipungkiri berkolaborasi dengan Influencer adalah salah satu tips TikTok Ads yang paling baik. Karena biasanya Influencer memiliki followers yang sesuai dengan target market dan juga banyak tentunya.


Pastinya, penggunaan Influencer terhadap TikTok Ads adalah gambaran yang sangat baik terhadap brand atau perusahaan itu sendiri.


Gunakan Copywriting yang Menarik

Penggunaan copywriting atau penulisan kata yang menarik bisa menjadi salah satu kunci TikTok Ads. Kamu juga harus bisa membuat hook (pancingan) jadi ada kata pada 3 detik pertama untuk memunculkan copywriting yang baik.


Kemudian jangan lupa juga untuk menyertakan CTA (Call To Action) dengan baik agar konsumen atau audiens dapat melakukan pilihan untuk mengetahui atau tertarik pada produk tersebut. Jadi, buatlah copy atau tulisan semenarik mungkin.


Manfaatkan Trend yang Sedang Viral

Tanpa followers yang banyak pun TikTok bisa cepat viral. Nah, hal ini bisa dimanfaatkan pada saat trend viral tersebut untuk bahan TikTok Ads.


Sebisa mungkin kamu harus sangkut pautkan konten yang sedang viral. Hal ini bisa memberikan engagement yang lebih besar atau tinggi.


Dapat Mengoptimalkan Konten UGC (User Generated Consumers)

Alasan unik yang harus kamu ketahui untuk membuat TikTok Ads adalah platform yang satu ini sangat relate dan engaging terhadap konsumen dan user.


Maka dari itu, tips TikTok Ads berikutnya adalah kamu bisa memanfaatkan konten dari user atau konsumen yang menggunakan produk atau brand perusahaan. Hal ini pastinya sangat baik untuk mendapatkan citra serta biasanya relevan dalam kehidupan sehari - hari.


Kesimpulan

Setelah menelusuri lebih lanjut, TikTok Ads sangat penting untuk dilakukan oleh banyak perusahaan maupun brand. Dengan adanya platform yang satu ini bisa menjadi salah satu strategi untuk mendapatkan awareness bahkan penjualan.


TikTok Ads adalah salah satu hal yang pastinya memiliki berbagai macam skema yang bisa didapatkan dengan objective yang berbeda. Ingin mengoptimalkan TikTok Ads dengan baik? Tenang saja First Ad Kit akan membantu kamu dalam melakukan TikTok Ads, Yuk Klik Link Disini!


4 views0 comments