Simak! 5 Tipe Instagram Ads Beserta Contohnya!



Instagram ads adalah salah satu platform social media yang dapat kamu gunakan untuk beriklan di platform tersebut. Instagram ads pastinya memiliki beberapa peranan penting untuk kamu gunakan dan ketahui lebih lanjut.


Yuk kenali instagram ads dimulai dari pengertian, keunggulan, hingga jenis iklan dari instagram ads itu sendiri.


Pengertian Instagram Ads



Instagram Ads adalah cara brand atau merek untuk beriklan secara online dan memamerkan sisi kreatif mereka dengan gambar, video, dan konten visual lainnya. Ada banyak cara berbeda untuk membuat kampanye ini, sesuatu yang akan kita bahas lebih mendalam di paragraf selanjutnya.


Instagram ads adalah bisa dibilang sebagai salah satu hal yang perlu kamu kuasai. Karena saat ini banyak orang dan calon konsumen yang menggunakan platform social media tersebut. Hal tersebut bisa menjadi salah satu strategi kamu dalam menciptakan awareness, consideration, hingga conversions.

Meluncurkan kampanye iklan Instagram mengharuskan kamu memiliki akun iklan Facebook (jika kamu sudah menggunakan Facebook untuk tujuan promosi, Kamu dapat menggunakan login yang sama), atau kamu dapat membuka akun bisnis Instagram. Iklan Instagram dikelola melalui Instagram ads manager atau Facebook Power Editor.


Nah itulah pengertian dari instagram ads yang dapat kamu ketahui. Instagram ads adalah salah satu rangkaian strategi digital marketing khususnya pada pay per click ataupun social media yang dapat menjadi salah satu pembuatan campaign yang ciamik. Setelah mengetahui pengertian dari instagram ads, yuk ketahui keunggulan dari instagram ads tersebut.


Baca Juga : Mengenal Apa Itu CRM pada Digital Marketing: Seni Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan


Keunggulan Instagram Ads



Social media terus tumbuh dan berkembang dengan semakin banyak pengguna dan platform baru sedang dibuat. Salah satu platform media sosial yang semakin populer adalah Instagram.


Instagram memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif sehingga dengan jangkauan dan popularitasnya, Instagram ads adalah alat yang sempurna untuk beriklan dan memamerkan bisnis kamu dan penawarannya. Berikut 3 manfaat beriklan di Instagram.


Memberikan Brand Awareness

Menerapkan Social Media Strategy yang memanfaatkan platform Instagram ads akan sangat meningkatkan pengenalan brand kamu karena hal tersebut akan dapat melibatkan banyak audiens dan calon konsumen yang besar dan beragam melalui iklan.


Dengan menggunakan instagram ads kamu bisa mendapatkan karyawan, pelanggan, dan pemangku kepentingan lainnya untuk "follow" halaman kamu. Cukup memiliki banyak pengikut yang terhubung dengan profil kamu memberi peluang lebih besar untuk mendapatkan engagement dan impressions oleh orang lain yang tidak terhubung dengan profil Instagram bisnis kamu.


Orang yang berinteraksi dengan konten kamu akan meningkatkan brand awareness dan mulai membangun reputasi brand kamu itu sendiri.


Setiap posting yang dibagikan, setiap komentar yang dibuat dan setiap like yang diberikan akan memperkenalkan brand kamu dan konten brand kamu akan tersebar ke jaringan individu baru.


Aktivitas & eksposur tambahan ini dapat menghasilkan followers baru brand kamu dan pada dasarnya calon pelanggan baru. Tujuannya adalah agar sebanyak mungkin orang mengetahui bisnis kamu.


Orang-orang akan mengetahui bisnis kamu melalui penggunaan instagram ads dan memiliki afiliasi dengan merek kamu melalui iklan tersebut.


Mereka mungkin tidak menggunakan layanan kamu begitu mereka menemukan kamu atau melihat iklan, tetapi memiliki peluang besar untuk membeli saat mereka membutuhkan produk/layanan bisnis kamu itu sendiri.


Customer Satisfaction

Instagram ads adalah platform jaringan dan komunikasi. Penting untuk menciptakan suara melalui konten dan engagement di platform ini karena itu akan memberi merek identitas unik.


Tidak ada cara yang lebih baik untuk melakukannya selain melalui penggunaan instagram ads yang menampilkan pemikiran, ide, dan penawaran.


Pelanggan menghargai menerima tanggapan pribadi dari perusahaan ketika mereka mengomentari profil bisnis mengenai masalah tertentu, mereka tidak suka diabaikan atau menerima tanggapan otomatis.


Orang-orang ingin merasa diperhatikan dan bahwa mereka bukan hanya statistik penjualan, tidak ada cara yang lebih baik untuk mengatasi hal ini selain melalui interaksi dengan mereka di Instagram. Berempati dan bertujuan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan akan menghasilkan kepuasan pelanggan yang lebih baik.


Targeting

Mengingat pengikut Instagram berukuran besar (dengan lebih dari 800 juta dan terus bertambah) dan kemampuan jaringan yang luas, Instagram jauh lebih dari sekadar platform media sosial konvensional. Instagram ads adalah alat penting untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan prospek penjualan melalui upaya pemasaran yang dibangun secara efektif. Beriklan melalui Instagram sama pentingnya dengan iklan lokal dan SEO.


Itu dapat memperkenalkan brand ke audiens yang tak terbatas dan kelompok yang ditargetkan secara khusus berdasarkan demografi yang berbeda, minat pengguna, perilaku konsumen, dan bahkan di mana mereka berada.


Penargetan iklan memungkinkan kamu untuk menempatkan iklan di depan orang yang tepat. Instagram memudahkan brand untuk membuat dan mendistribusikan iklan ini kepada pengguna yang tertarik/tertentu berdasarkan tujuan, fokus, dan niat perusahaan. Instagram ads yang ditargetkan adalah cara terbaik untuk perusahaan untuk mendapatkan hasil maksimal dari kampanye pemasaran berbasis tujuan.


Jadi, keunggulan dari instagram ads adalah bagaimana caranya platform instagram tersebut memberikan dampak kepada konsumennya terhadap brand yang ditawarkan. Bisa dibilang tahap yang satu ini adalah salah satu keunggulan instagram ads yang paling baik dibandingkan dengan keunggulan platform social media yang lain.


Baca Juga : Mengintip Tren Digital Marketing pada Tahun 2022!


5 Tipe Instagram Ads yang Harus Kamu Ketahui



Instagram ads adalah salah satu senjata yang dapat kamu gunakan untuk penerapan strategi digital marketing untuk bisnis kamu. Hal tersebut memungkinkan kamu untuk membuat konten maupun campaign yang seperti apa. Berikut ini adalah beberapa tipe instagram ads yang harus kau ketahui!


Instagram Photo Ads



Instagram adalah platform visual. Seluruh konsep situs media sosial adalah untuk berbagi photo, jadi jika kamu ingin beriklan secara efektif, kamu harus memiliki photo iklan yang berkualitas. Iklan foto adalah cara paling dasar untuk melakukan ini.


Instagram ads adalah salah satu social media yang dapat kamu gunakan untuk membuat konten photo yang sangat baik.


Seperti judulnya, iklan foto terdiri dari foto, bersama dengan deskripsi, dan tombol ajakan bertindak atau CTA (Call To Action).


Kamu juga dapat mengoptimalkan instagram photo Ads untuk menyertakan tombol "lihat profil", yang akan mengarahkan audiens ke profil Instagram kamu jika mereka ingin melihat apa lagi yang kamu posting akhir-akhir ini, atau jika mereka ingin mengklik tautan di bio.


Instagram Video Ads



Video adalah konten social media di masa depan. Popularitasnya terus meningkat, terutama di Instagram, platform yang dirancang dengan mempertimbangkan visual. Buat iklan Instagram kamu selangkah lebih maju dengan menggunakan video.


Video melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk melibatkan audiens kamu, menarik perhatian mereka dengan fitur reels dari Insta, dan mengarahkan mereka ke brand kamu hanya dalam sekejap.


Instagram video ads memiliki kemampuan yang sama seperti photo ads tetapi dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam menarik perhatian jika kamu memiliki kemampuan kreatif untuk memproduksinya.


Instagram Collection and Shopping Ads



Instagram collection menyertakan tampilan gambar carousel yang dapat di swipe yang memungkinkan pengguna menelusuri beberapa produk dari suatu merek di dalam umpan Instagram utama tanpa meninggalkan aplikasi.


Gambar dan video yang digunakan dalam tampilan carousel dapat ditautkan ke situs brand atau halaman produk untuk kamu untuk melakukan pembelian di e-commerce.


Instagram Carousel Ads



Instagram Carousel Ads adalah tayangan slide dalam format iklan, yang memungkinkan para pengguna untuk menuju format tersebut melalui banyak gambar atau video dalam satu posting.


Iklan carousel Instagram juga memungkinkan pengiklan untuk menambahkan ajakan bertindak yang dapat diklik, mengubah teks di bawah untuk setiap gambar, dan menautkan ke berbagai halaman web.


Instagram Story Ads



Instagram story ads adalah iklan vertikal yang dapat kamu jalankan di fitur Stories Instagram. (Singkatnya, Instagram Stories adalah foto dan video yang dapat dilihat oleh audiens akun Instagram selama 24 jam, dan diterbitkan secara terpisah dari konten yang ditemukan di profil Instagram)


Kesimpulan

Nah itulah serba - serbi mengenai instagram ads. Pastinya instagram ads ini menjadi salah satu strategi digital marketing yang dapat kamu terapkan untuk kebutuhan bisnis kamu sendiri. Hal tersebut pastinya menjadi salah satu kriteria yang pas untuk kamu membangun bisnis agar lebih baik lagi.


Instagram ads adalah salah satu hal yang harus kamu perhatikan saat ini guna membantu perkembangan bisnis kamu.


First Ad Kit adalah salah satu digital marketing agency yang dapat kamu gunakan jasanya untuk melakukan instagram ads itu sendiri. Kami membantu untuk menyediakan dan melakukan instagram ads secara berkala serta membantu bisnis kamu agar lebih berkembang.


6 views0 comments