top of page

Mengenal Apa Itu CRM pada Digital Marketing: Seni Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan




Halo First Ad Team! Di era semakin berkembangnya teknologi, terutama di bidang komunikasi, menjadikan hubungan antar brand dan customer menjadi lebih kompleks. Setiap bisnis berlomba-lomba untuk menjaga kepuasan pelanggannya. Nah sama halnya seperti hubungan kamu dengan si doi, hubungan dengan pelanggan perlu dijaga melalui komunikasi yang baik dan tepat, salah satunya dengan CRM. Jadi apa sih CRM itu?


Apa sih CRM itu?

CRM atau Customer Relationship Management adalah strategi dalam mengelola hubungan dengan pelanggan. Hal ini dilakukan melalui pemilihan kata-kata, penyampaian percakapan, dan waktu yang tepat. Tujuan dari aktivitas CRM sendiri adalah untuk menjaga pelanggan yang sudah ada, menarik pelanggan potensial, dan mendorong konversi penjualan.


Emang CRM pada bisnis penting ya?

Jadi customer Relationship Management penting untuk dijalankan setiap bisnis loh guys! Peran penting CRM untuk menciptakan kesetiaan dan kepuasan pelanggan tuh antara lain:


Mengidentifikasi Kategori Pelanggan

Fungsinya CRM salah satunya untuk mengidentifikasi kategori pelanggan guys. Soalnya, kategorisasi yang tepat penting untuk membuat bentuk pesan dan iklan yang personal untuk setiap pelanggan sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikan mereka. Penyampaian pesan yang tepat memiliki peluang yang lebih besar untuk mencapai tujuan kamu. Selayaknya ketika kamu ngejar si doi, pasti lebih seneng ketika kamu bisa paham kebutuhannya tanpa perlu dikasih tau kan~


Kampanye Digital yang Personal

Kalau kamu sudah mendapatkan data mengenai kategorisasi pelanggan, kamu bisa tau nih apa yang disukai dan tidak disukai sama pelanggan. Selain itu kamu juga tahu pola perilaku pelanggan seperti histori pembelian, penelusuran, hingga kelompok usia, jenis kelamin, dan wilayah mereka. Nantinya data ini dapat dimanfaatkan untuk kampanye digital agar dapat ditujukan sesuai dengan ketertarikan pelanggan kamu.


Menjalin Koneksi Digital antara Brand dengan Pelanggan

Untuk menjaga pelanggan yang sudah ada dan menarik pelanggan baru, kamu perlu untuk menjalin interaksi yang baik dengan mereka. CRM memiliki peran untuk menjaga hubungan dengan pelanggan agar interaksi kamu dapat berjalan efektif dan sesuai dengan target.


Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Salah satu peran CRM lainnya adalah untuk memastikan kalau pelanggan puas dengan kualitas produk ataupun jasa kamu. Karena dengan CRM kamu dapat mendapatkan insight yang sebelumnya mungkin tidak kamu ketahui, misalnya persepsi konsumen terhadap brand kamu. Dengan begitu kamu dapat membenahi bentuk penawaran yang diberikan, dan menyelesaikan keluhan yang disampaikan oleh pelanggan.


Contoh Pengaplikasian CRM

Sadar gak sadar, sebenarnya banyak banget loh contoh pengaplikasian CRM yang kamu temuin sehari-hari! Beberapa contohnya seperti:

Pop Up Notification



Push Notification



WA Marketing



Email Marketing



Dari beberapa contoh diatas kelihatan kan, seberapa eratnya antara CRM ini dengan Copywriting. Karena CRM yang baik memerlukan pesan yang tepat secara isi dan waktu penyampaian, tujuannya agar audiens tidak merasa terganggu dengan kehadiran iklan tersebut.


Itu dia sekilas informasi singkatnya mengenai Customer Relationship Management! Tentunya kalau kita bahas secara rinci, CRM ini cakupannya masih luas banget loh. Selain CRM, penting juga untuk kamu memahami bagaimana Tren Digital Marketing Tahun 2022.

Gimana, team? Sudahkah bisnis kamu menerapkan CRM dan menjaga hubungan dengan customer dengan baik? Ikuti terus blog dari First Ad Kit untuk tahu informasi lebih banyak lagi ya Ad Team!



12 views0 comments
bottom of page