Kenali 7 Tugas Admin Social Media Untuk Bisnis Kamu


Saat ini banyak sekali masyarakat luas yang membuat online presence-nya atau aset untuk membangun branding perusahaan lewat social media. Seperti Instagram, TikTok, Facebook, Twitter, dan social media yang lainnya. Nah, maka dari itu brand atau perusahaan membutuhkan seseorang untuk menjadi admin social media. Maka dari itu, berikut ini adalah tugas admin social media yang harus kamu ketahui.


Apa Itu Admin Social Media

Dilansir oleh Career Trend, Seorang Admin Social Media berfungsi sebagai otak dibalik platform media sosial perusahaan. Tugas Admin Social Media menulis dan mengkurasi konten yang dirancang untuk melibatkan followers dan mempromosikan brand dengan cara yang positif. Kombinasi keterampilan pemasaran dan keahlian social media ini sangatl diperlukan untuk mengembangkan perusahaan agar lebih baik lagi.


Baca Juga : Simak! 5 Tipe Instagram Ads Beserta Contohnya!


7 Tugas Admin Social Media


Setelah mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian dari admin social media. Pastinya kita tidak bisa lepas dengan perannya yang saat ini biasa kita ketahui. Untuk mengetahui tugas admin social media. Yuk intip lebih lanjut pada artikel dibawah ini.


Merancang Membuat Konten Bersama Graphics Design

Sebagai admin social media, Kamu memiliki tanggung jawab untuk merancang setiap konten yang akan diunggah ke media sosial yang dikelola, mulai dari melakukan riset terhadap konten, menyiapkan gambar atau video, melakukan proses pengeditan, hingga membuat deskripsi atau konten terkait.


Konten-konten tersebut harus dipersiapkan jauh-jauh hari, sebelum waktunya ditayangkan. Tak hanya informasi untuk promosi, admin social media juga harus merancang konten khusus, seperti konten giveaway atau peringatan hari besar atau hari besar nasional.


Namun, kamu tidak perlu khawatir, hal yang harus kamu siapkan hanya seperti itu saja. Untuk design sendiri biasanya akan dibantu oleh team graphic designer.


Menjadwalkan Konten yang Telah Dirancang

Tugas admin social media selanjutnya adalah menjadwalkan konten yang telah dirancang. Mengamati dan menganalisa konten yang sedang booming sangat dibutuhkan. Namun, menjadwalkan konten dengan baik adalah salah satu hal yang harus diketahui oleh perusahaan.


Jadi, menjadwalkan konten yang tepat sangat berpengaruh nantinya pada performa social media dari brand atau perusahaan. Maka dari itu, kamu harus memastikan hari dan jam konsumen atau user kamu melihat konten atau berinteraksi.


Mengelola dan Update Konten Social Media

Tugas admin social media yang tidak kalah penting adalah mengelola social media itu sendiri. Hal tersebut pastinya akan meningkatkan informasi seputar brand atau perusahaan. Kamu harus mengisi tiap-tiap informasi yang ada seperti bio, email, website ataupun keperluan lainnya yang dapat diimplementasikan dan bermanfaat untuk perusahaan.


Setelah menjadwalkan seperti pembahasan yang diatas kita juga bisa mengupload konten tersebut, Kamu juga bisa menggunakan beberapa tools dari Facebook Ads Manager atau Zoho.


Menjaga Kerahasiaan Perusahaan

Menjaga kerahasiaan password dan keamanan akun adalah tugas admin social media. Tugas ini sangat penting mengingat kejahatan selalu hadir dalam berbagai bentuk. Seorang admin harus bisa menjaga kerahasiaan password akun media sosial agar tidak diketahui orang lain.


Selain itu, ia juga harus memastikan bahwa akun yang ia kelola telah diatur dan dilengkapi dengan keamanan sesuai versi platform media sosial.


Membangun Serta Menjaga Interaksi dengan Followers

Hal yang penting untuk membangun citra brand atau perusahaan dengan baik adalah menjaga interaksi dengan followers. Tugas admin social media yang satu ini adalah salah satu hal yang harus diperhatikan.


Karena untuk membalas pesan seperti di direct message, comment, dan sebagainya itu sangat penting agar user atau followers dapat mendapatkan informasi dan membangun kredibilitas yang tinggi.


Melakukan Riset Kompetitor Untuk Keperluan Perusahaan

Jangan salah sangka menjadi admin social media, tidak hanya sekedar mengupload dan membuat konten. Tugas admin social media yang satu ini sangat penting. Karena setiap perusahaan harus selalu improve dan berkembang.


Pemanfaatan social media pastinya bisa digunakan untuk mengetahui kompetitor. Nah, hal tersebut pastinya sangat berguna bagi perusahaan.


Membuat Laporan Social Media Sesuai dengan Tujuan

Agar dapat memaksimalkan serta berkembangnya akun social media. Tugas admin social media yang satu tidak kalah penting. Untuk mengetahui perkembangan social media mulai dari user, followers, reach, engagement, dan sebagainya.


Laporan sangat penting untuk diberlakukan termasuk ada beberapa kriteria yang lain dan bisa diimplementasikan untuk keperluan perusahaan. Laporan ini pastinya sangat membantu perusahaan agar memasarkan produk atau jasanya melalui social media.


Kesimpulan

Nah itulah tugas dari admin social media, Dengan berbagai macam rupa tugas dan dapat mengimplementasikannya dengan baik pasti bisa menjadi salah satu pengelolaan yang sangat baik untuk dilakukan.


Tugas admin social media tidak hanya scroll dan membuat konten. Namun, banyak juga tanggung jawab yang harus ditampi.


Ingin memiliki admin social media yang lengkap? Kamu bisa menggunakan jasa digital marketing agency dari First Ad Kit yang menyediakan jasa social media management. Untuk keterangan lebih lanjut bisa klik link disini!


3 views0 comments